KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MENGGUNAKAN LAPTOP


·         KERUGIAN
Meskipun laptop memiliki beberapa keuntungan bisa kita dapatkan ketika bekerja dengan menggunakan laptop, hal itu tidak membuat laptop merupakan barang yang sempurna. Berikut ini beberapa kekurangan atau kerugian yang harus kita pahami dalam penggunaan laptop.
1.      Lebih mahal

Jika kita ingi membeli laptop dengan spesifikasi yang sama persis dengan computer desktop, maka kita harus mengeluarkan uang yang lebih besar daripada kita membeli computer desktop.

2. Harus lebih waspada

Karena harganya mahal, laptop sering menjadi incaran para penjahat. Mententengnya ke mana-mana membutuhkan kewaspadaan yang ekstra. Misalnya di mushola kampus ada himbauan “Barang Berharga di Taruh Depan”. Hal ini dimaksudkan agar barang yang berharga tidak dicuri orang.

4. Lebih rentan dan ringkih

Karena laptop merupakan barang yang enteng. Pastinya komponen di dalamnya dibuat kecil dan ringan. Secara fisik, laptop ringkih terhadap tekanan dan guncangan.

5. Lebih rumit perawatannya

Lantaran bentuknya yang menyatu, laptop memerlukan perawatan yang ekstra hati-hati. Air teh atau kopi yang tumpah ke atas keyboard dapat menyebabkan seluruh system laptop mati.


·         KEUNTUNGAN
  Produktivitas: Menggunakan laptop di tempat di mana sebuah PC desktop tidak dapat digunakan, dan pada kali yang lain akan sia-sia. Sebagai contoh, seorang pekerja kantor mengelola e-mail selama-lama jam perjalanan dengan kereta api, atau mahasiswa melakukan / nya PR-nya di warung kopi universitas selama waktu istirahat antara kuliah.
  Kedekatan: Membawa laptop artinya tidak punya akses cepat ke berbagai informasi, dan bekerja file pribadi. Kedekatan memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antara rekan kerja atau mahasiswa, sebagai laptop bisa membalik terbuka untuk menyajikan solusi masalah atau kapan saja, di mana saja.
·         Ukuran: Laptop yang lebih kecil dari PC desktop. Hal ini bermanfaat bila ruang berada di premium, misalnya di apartemen kecil dan asrama mahasiswa. Bila tidak digunakan, laptop bisa ditutup dan disingkirkan
·         Konsumsi daya rendah: Laptop beberapa kali lebih hemat energi dari desktop. Sebuah laptop biasa menggunakan 20-90 W, dibandingkan dengan 100-800 W untuk desktop. Hal ini bisa sangat bermanfaat untuk bisnis (yang berjalan ratusan komputer pribadi, mengalikan potensi tabungan) dan rumah-rumah di mana ada komputer yang menjalankan 24 / 7 (misalnya sebagai server media rumah, print server, dll)


SUMBER:


 
Copyright © welcome